Gambar: Dok/PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI

Pertumbuhan Laba Cinema XXI Di Semester I 2024 Mencapai 95,7%

Jumat, 26 Jul 2024

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI, kode saham: CNMA) mencatat pertumbuhan positif sepanjang Semester I 2024. Pada periode ini, Cinema XXI berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,9 triliun, naik 21,8% dibandingkan Semester I 2023 senilai Rp2,4 triliun. Cinema XXI memperoleh laba bersih sebesar Rp424,5 miliar, tumbuh 95,7% dari Rp216,9 miliar pada periode yang sama di tahun 2023. Sementara perolehan EBITDA Cinema XXI sebesar Rp927,5 miliar, naik 36,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Direktur Utama Cinema XXI Suryo Suherman mengatakan implementasi strategi bisnis yang komprehensif dan penguatan fundamental bisnis menjadi dasar capaian kinerja positif pada Semester I 2024. “Pertumbuhan kinerja ini juga mencerminkan bahwa industri bioskop telah berjalan di jalur yang tepat seiring pemulihan pasca pandemi,” ujar Suryo.

Selama Semester I 2024, Cinema XXI mengoptimalkan kinerja Perseroan melalui penambahan layar bioskop dan juga peningkatan kualitas layanan bioskop sehingga mendorong jumlah penonton.

“Perolehan pendapatan Cinema XXI saat ini masih ditopang dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 63%. Saat ini, kontribusi pendapatan dari lini bisnis makanan dan minuman mencapai 33% dari total pendapatan,” kata Suryo.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah penonton di Semester I 2024 mengalami kenaikan sebesar 26,2%, mencapai 46,5 juta dari 36,9 juta pada Semester I 2023. Hal ini menunjukkan bahwa minat menonton film di bioskop masih tinggi di masyarakat Indonesia pasca pandemi.

Selain itu, pada Semester I 2024, film nasional turut berkontribusi sebesar 64,6% terhadap jumlah penonton. Ini menandakan dukungan yang kuat dan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap film-film lokal. Cinema XXI akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan menonton film terbaik, serta mendukung perkembangan industri perfilman Tanah Air.

Suryo juga menyebutkan bahwa strategi perluasan jaringan bioskop ke 8 lokasi baru dan penambahan 37 layar, termasuk 6 studio IMAX®, pada semester pertama tahun ini memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Hingga 30 Juni 2024, Cinema XXI telah mengoperasikan 248 bioskop dengan total 1.317 layar di 61 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Penambahan lokasi bioskop Cinema XXI di berbagai wilayah Indonesia sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan akses menonton film sebanyak mungkin dengan harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami akan terus membuka lokasi bioskop baru sepanjang tahun," tambah Suryo.

Tentang Cinema XXI

Cinema XXI merupakan bagian dari PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk, yang merupakan kelompok bioskop terbesar di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 35 tahun di industri film. Cinema XXI berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman menonton yang terbaik dengan kualitas terbaik bagi masyarakat Indonesia. Hingga 30 Juni 2024, Cinema XXI telah memiliki 1.317 layar di 248 lokasi bioskop yang tersebar di 61 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2006, Cinema XXI memperkenalkan m.tix untuk memudahkan pemesanan tiket bioskop melalui pesan teks yang kemudian berkembang menjadi aplikasi seluler. Pada tahun 2012, Cinema XXI memperkenalkan teknologi revolusioner dalam menonton, yaitu teater IMAX. Untuk meningkatkan pengalaman penonton, Cinema XXI juga telah menyediakan bioskop dengan sistem audio canggih "Dolby Atmos" yang kini tersedia di 75 layar Cinema XXI.

Bukan hanya sebagai tempat menonton film, Cinema XXI juga merupakan tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Pengalaman menonton yang tak terlupakan yang ditawarkan oleh Cinema XXI membuatnya menjadi pilihan utama untuk hari ini dan esok. Penghargaan yang diterima oleh Cinema XXI, seperti "World Branding Award" dan "Millennials Top Brand Awards", menunjukkan bahwa Cinema XXI diakui sebagai merek terbaik dalam kategori bioskop hiburan dan jaringan cinema terkemuka di Indonesia. Meskipun mengalami kondisi pandemi, Cinema XXI tetap menjadi perhatian dengan penghargaan "Industry Champion of The Year" oleh ACES Awards dan "Indonesia Best Managed Company" oleh Deloitte di tahun 2023.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar