Gambar: ANTARA/Michael Siahaan

Kemenparekraf Meminta Sumatera Utara Untuk Memamerkan Produk-produk Unggulan Saat Pekan Olahraga Nasional 2024

Rabu, 24 Jul 2024

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meminta Provinsi Sumatera Utara untuk menampilkan produk unggulan UMKM dan ekonomi kreatif selama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat mengiklankan produk-produk unggulan," ujar Ketua Pokja Tugas Pembantuan Direktorat Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf Yanuar Arif saat ditemui di Kabupaten Deli Serdang, Rabu.

Yanuar menambahkan bahwa pemerintah di Sumut perlu memanfaatkan kesempatan seperti PON 2024 karena acara tersebut dipastikan akan dihadiri oleh ribuan orang, baik atlet maupun pejabat.

Provinsi Sumut akan menerima 6.281 atlet selama PON 2024, ditambah dengan 3.140 pejabat.

Kemenparekraf yakin bahwa para atlet dan pejabat tersebut akan mencari oleh-oleh di Sumut untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing, mulai dari produk kriya hingga kuliner.

"Oleh-oleh dari Sumut, terutama yang sudah terkenal seperti bolu dan bika ambon, pasti akan diminati," ujar Yanuar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Panitia Besar (PB) PON 2024 Sumatera Utara berencana melibatkan pelaku UMKM di wilayahnya untuk berpartisipasi di PON 2024.

Namun, UMKM-UMKM tersebut harus melewati proses kurasi dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM).

PB PON 2024 wilayah Sumut menyatakan pelaku UMKM di wilayahnya dilibatkan secara luring atau temu fisik dan daring (virtual) selama berlangsungnya PON XXI 2024.

Untuk luring, UMKM akan ditempatkan di sekitar arena pertandingan. Selain itu, juga diadakan bazar selama PON 2024 di lokasi strategis di Sumut seperti di Lapangan Benteng, Medan, dan Lapangan Astaka di Kabupaten Deli Serdang.

Pemprov Sumut berupaya agar semua aktivitas UMKM di PON 2024 dapat berjalan secara gratis.

"Kami ingin semuanya gratis agar UMKM hanya fokus menyiapkan produk yang berkualitas dan termasuk pemberdayaan ekonomi," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut.



Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar