Gambar: Dok/Astra Financial

Astra Memperlihatkan Dukungannya Terhadap UMKM Indonesia Melalui YDBA Di Acara GIIAS 2024

, 21 Jul 2024

Sebagai bagian dari upaya Astra dalam mendukung UMKM di Indonesia, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus melaksanakan program pembinaan yang komprehensif melalui pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan. Program ini bertujuan untuk memperkuat UMKM agar dapat mandiri.

Pada kesempatan tahun ini, Astra melalui YDBA kembali berpartisipasi dalam Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), acara otomotif terbesar di Indonesia. Dalam pameran yang berlangsung dari 18 hingga 28 Juli 2024 ini, Astra menunjukkan dukungannya terhadap UMKM Indonesia dengan memamerkan beragam produk UMKM, mulai dari sektor manufaktur, kerajinan & kuliner, pertanian, hingga program pembinaan untuk UMKM bengkel roda 4.

Astra melalui YDBA berperan penting dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di industri manufaktur. Melalui program ini, Astra mendorong UMKM untuk terlibat dalam rantai pasok industri besar seperti otomotif, perkebunan, elektronik, alat kesehatan, Horeka, dan material konstruksi.

Pada ajang GIIAS, Astra melalui YDBA menampilkan kontribusinya di sektor otomotif nasional dengan memamerkan replika kendaraan roda 4 yang menggunakan 67 komponen dari 27 UMKM binaan YDBA. Dari 67 komponen tersebut, 6 di antaranya mendukung kendaraan listrik.

Selain itu, Astra juga menampilkan 30 komponen dari 20 UMKM binaan YDBA di sektor kendaraan roda-2. Kolaborasi antara YDBA, PT Astra Honda Motor, Kementerian Perindustrian RI, dan KADIN Indonesia berhasil membawa komponen UMKM ke dalam rantai pasok kendaraan roda-2.

Di GIIAS, Astra melalui YDBA juga memamerkan berbagai produk UMKM manufaktur seperti alat kesehatan, kapak, wire condesor, dan mesin roasting coffee yang dipasok ke berbagai industri di Indonesia.

Astra melalui YDBA berperan penting dalam industri bengkel roda 4 dengan memberikan pembinaan kepada UMKM. Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan standar bengkel umum. Astra melalui YDBA mendorong UMKM bengkel untuk mengikuti standar pelayanan bengkel, termasuk maintenances reminder & appointment activities, penerimaan unit yang akan di-service, perbaikan, penyerahan, serta post service & follow up.

Selain itu, Astra melalui YDBA juga bekerja sama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan kualitas dan kemandirian UMKM bengkel roda 4. Mitra tersebut antara lain PT Astra Otoparts Tbk yang menyediakan sparepart asli, PT Astra Daihatsu Motor sebagai ahli, serta PT Isuzu Astra Motor Indonesia dan PT Denso Indonesia sebagai ahli untuk mendukung peningkatan kompetensi UMKM dan mitra dalam memperluas pasar melalui Bengkel Mitra Isuzu dan Denso Partner Shop.

Saat ini, UMKM Bengkel yang dibina oleh Astra melalui YDBA telah tersebar di berbagai daerah dan tergabung dalam Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA). HBBA memiliki keberadaan di beberapa wilayah, seperti HBBA Jabodetabek, HBBA Jawa Timur & Bali, HBBA Yogyakarta, dan HBBA Banyumas Raya.

Astra berperan penting dalam mendukung UMKM di sektor Kerajinan & Kuliner serta Pertanian melalui YDBA. Pada pameran GIIAS terbaru, Astra melalui YDBA memperkenalkan produk dari komunitas UMKM Kuliner seperti Koperasi Mamere, Poklahsar (Kelompok Olahan dan Pemasaran) Jaya Bersama, dan Koperasi OKUSA (Olahan Kuliner Sangatta). Di sektor kerajinan, Astra juga memamerkan berbagai produk UMKM, mulai dari aksesoris hingga fashion.

Dalam sektor pertanian, Astra melalui YDBA memamerkan produk turunan dari hasil budidaya petani, seperti serbuk jahe merah dari Lebak Banten, produk roll on dan aromaterapi dari petani serai wangi di Bantul dan Lebak, serta produk mete dan vanili dari petani di Manggarai Barat, NTT.

Pada pameran GIIAS kali ini, Rahmat Samulo selaku Ketua Pengurus YDBA, menegaskan bahwa Astra melalui YDBA berkomitmen dalam pembinaan UMKM di Indonesia dengan pendampingan intensif untuk mendorong UMKM agar dapat berkembang dan mandiri.

Saat ini, Astra melalui YDBA sedang memberikan pembinaan kepada 1.328 UMKM aktif. Dalam proses pembinaan tersebut, YDBA memberikan penekanan pada pentingnya memiliki mentalitas yang baik dan kemampuan menciptakan nilai tambah dalam bisnis.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan dari pimpinan Astra, hadir di booth YDBA di Pre function Hall 1 ICE BSD adalah Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Suparno Djasmin, Hamdani Dzulkarnaen, Henry Tanoto, Gidion Hasan, Thomas Wijaya, Frans Kesuma, dan Komisaris Utama Astra Prijono Sugiarto.

Untuk memberikan inspirasi kepada pengunjung di Booth YDBA, Astra melalui YDBA menghadirkan para UMKM dalam talkshow #UMKMSiapBeraksi dengan berbagai tema dan juga memperkenalkan UMKM secara langsung. Bagi pengunjung yang hadir di GIIAS dan ingin melihat produk UMKM binaan Astra melalui YDBA, mereka dapat mengunjungi booth tersebut, membeli produk UMKM langsung, dan berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik melalui games dan review booth dengan tema "Seberapa Tahu Kamu Tentang Astra".


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar