Gambar: Dok/PMMP

PMMP Berencana Memasuki Pasar Ekspor Baru Demi Meningkatkan Volume Penjualan

Kamis, 11 Jul 2024

Perusahaan pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan sepanjang tahun ini. Salah satunya adalah dengan melakukan ekspansi pasar ekspor baru.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Panca Mitra Multiperdana Tbk, Christian Jonathan, pasar Amerika Serikat telah menjadi kontributor utama penjualan PMMP selama ini. Namun, jika permintaan dari Amerika Serikat tidak meningkat, PMMP akan mencoba menargetkan pasar ekspor baru di China.

Dia mengungkapkan bahwa perusahaan sedang melakukan penelitian pasar baru, yaitu China. Rencananya, perusahaan akan mulai mengekspor ke China mulai dari kuartal III hingga kuartal IV tahun ini.

Sementara itu, dalam hal pasar lokal, Christian menyatakan bahwa pasar tersebut masih terus berkembang, meskipun dalam volume masih belum signifikan jika dibandingkan dengan pasar ekspor.

Pada kuartal I-2024, PMMP mencatat penjualan sebesar US$ 49,61 juta. Angka ini mengalami penurunan sebesar 10,10% year on year (yoy) dibandingkan dengan penjualan sebesar US$ 55,18 juta pada kuartal I-2023.

Penjualan tersebut masih didominasi oleh penjualan ke Amerika sebesar US$ 40,13 juta, diikuti oleh Asia dan Eropa masing-masing sebesar US$ 8,37 juta dan US$ 1,10 juta.

Christian menegaskan bahwa kinerja PMMP hingga bulan Juni terakhir menunjukkan adanya peningkatan seiring dengan permintaan yang meningkat dari para importir. Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan kinerja tahun sebelumnya, performa perusahaan masih sedikit menurun.
Manajemen PMMP berencana untuk meningkatkan penjualan sebesar 10%-20% hingga akhir tahun ini. Mereka yakin dapat mencapai target tersebut berkat peningkatan kapasitas produksi dan rencana ekspansi ke pasar ekspor baru.

PMMP memiliki target pertumbuhan penjualan sebesar 10%-20% hingga akhir tahun ini. Mereka yakin dapat mencapai target tersebut berkat peningkatan kapasitas produksi dan rencana ekspansi ke pasar ekspor baru.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar