Gambar: Dok. BRI

BRI Mengingatkan Masyarakat Untuk Waspada Terhadap Penipuan Yang Menggunakan QRIS Palsu

, 30 Jun 2024

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak modus penipuan yang muncul.

Baru-baru ini, ditemukan kasus penipuan QRIS palsu yang merugikan para pedagang.

Penipuan ini ditujukan kepada para pedagang yang menggunakan QRIS palsu yang meniru identitas pedagang asli, jenis barang, dan jumlah transaksi.

Andrijanto, Direktur Retail Funding and Distribution BRI, menjelaskan bahwa penipu seakan-akan telah melakukan pembayaran, tetapi sebenarnya jumlah transaksi tidak diterima oleh penjual atau merchant.

Agar terhindar dari transaksi QRIS palsu yang marak, merchant sebaiknya rutin memantau transaksi pembayaran dari pelanggannya, untuk memastikan sudah diterima dan masuk ke rekening merchant yang terafiliasi dengan QRIS statisnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh merchant QRIS BRI yang telah menggunakan aplikasi BRImerchant. Melalui aplikasi tersebut, merchant dapat dengan cepat mengetahui apabila transaksi pembayaran dari pelanggan telah berhasil.

Merchant perlu memperhatikan beberapa hal, seperti mengawasi dan memeriksa status pembayaran, serta memastikan bahwa notifikasi telah diterima.

Pembeli juga harus memverifikasi apakah QRIS yang discan memiliki nama yang sesuai dengan merchant. 

BRImerchant adalah aplikasi solusi lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan merchant BRI, dengan tiga fitur utama yaitu pemantauan detail transaksi, unduh laporan penyelesaian, dan manajemen pengguna.

Dalam manajemen pengguna, pemilik merchant sebagai super admin memiliki kemampuan untuk mengelola pengguna dengan melakukan penambahan, memberikan akses, mengubah status, dan menghapus pengguna.

Dengan fitur ini, pelaku usaha UMKM dan bisnis skala besar dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi dari setiap mesin EDC/QRIS secara harian dalam rentang waktu 3 bulan terakhir," tambah Andrijanto.

Selain fitur utama tersebut, aplikasi BRIMerchant juga menyediakan fitur lain seperti notifikasi transaksi, top-up saldo kartu uang isi ulang, dan layanan pelanggan.

Hanya dengan mengunduh aplikasi BRIMerchant melalui Google Play Store, pedagang dapat menggunakan aplikasi tersebut.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar