Gambar: instagram.com/erickthohir/

Erick Thohir Berencana Menjadikan Turnamen Bali 7S Sebagai Kompetisi Terbesar Di Asia

, 23 Jun 2024

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memiliki proyeksi bahwa turnamen sepak bola Bali 7S akan menjadi kompetisi kategori pemain muda terbesar di Asia yang diinisiasi oleh klub Bali United.

Erick Thohir mengatakan, "Tidak menutup kemungkinan bahwa ini akan menjadi turnamen kelompok usia dini terbesar di Indonesia dan saya berharap juga di Asia." Pernyataan tersebut diucapkannya saat membuka turnamen tersebut di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, pada hari Sabtu.

Turnamen perdana yang diadakan di pusat latihan Bali United Training Center diikuti oleh 225 klub, tidak hanya dari Bali dan beberapa kota lain di Indonesia, tetapi juga klub dari Filipina, Thailand, dan Malaysia.

Selain itu, Erick Thohir juga menyebutkan bahwa panitia juga menerima permintaan partisipasi dari klub asal China, Jepang, dan Australia.

Minat yang tinggi terhadap ajang yang berlangsung pada tanggal 21-23 Juni 2024 tersebut memberikan peluang besar bagi kompetisi ini untuk melahirkan bibit unggul pemain sepak bola profesional yang dibina sejak usia dini.

Pada dasarnya, dalam usia muda ini, penting bagi mereka untuk memahami permainan sepak bola, lebih banyak berinteraksi dengan bola, bukan hanya fokus pada fisik atau teknik, tetapi juga tentang kebersamaan dan semakin menguasai bola," tambah Menteri BUMN.

Selain sebagai wadah untuk mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola, acara tersebut juga mendukung pengembangan pariwisata olahraga yang semakin berkembang di Bali.

"Ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk terus membuka diri dalam bidang pariwisata olahraga," tambahnya.

Sementara itu, Yabes Tanuri, Chief Executive Officer (CEO) Bali United, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari turnamen ini adalah untuk mendukung pengembangan dan memberikan kesempatan bagi pemain sepak bola muda untuk berkembang, serta mendukung pariwisata olahraga di Bali.

"Kami akan terus berupaya agar turnamen ini semakin berkembang dan semakin besar," ujarnya.

Turnamen Bali 7S ini terdiri dari tujuh kategori kelompok usia, yaitu kelompok putra dengan kategori U8, U10, U12, U14, U16, dan U18 (Pro), serta kelompok putri.

Jumlah tim yang mendaftar untuk turnamen ini adalah 16 tim untuk kategori U8, 35 tim untuk kategori U10, 53 tim untuk kategori U12, 56 tim untuk kategori U14, 33 tim untuk kategori U16, 22 tim untuk kategori U18 (Pro), dan 10 tim untuk kategori putri.

Selama dua hari pertama, diadakan 550 pertandingan di lapangan latihan skuad Serdadu Tridatu yang terbagi menjadi 30 lapangan di lahan seluas 30 hektare di pinggir pantai tersebut.

Pada hari ketiga, setiap peserta akan melaju ke babak perempat final, semifinal, dan babak final.

Selanjutnya, tim juara dari setiap kategori usia akan dipilih berdasarkan pemain terbaik dari masing-masing kategori usia.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar