Gambar: HO-Humas BI Papua

Kopi Papua Dipamerkan Di Acara World Of Coffee Copenhagen Di Denmark

Jumat, 21 Jun 2024

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengumumkan bahwa kopi Papua akan dipamerkan di acara World of Coffee (WOF) di Copenhagen, Denmark pada tanggal 27-29 Juni mendatang.

Faturachman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, menyatakan bahwa kegiatan di World of Coffee (WOF) merupakan bagian dari Festival Kopi Papua yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2024.

"Kopi Papua saat ini mendapatkan perhatian dan apresiasi yang tinggi di kancah internasional karena keunikan dan keunggulannya," ujarnya.

Faturachman juga menjelaskan bahwa World of Coffee (WOF) merupakan platform bergengsi tingkat dunia bagi produsen dan pecinta kopi untuk berkumpul dan memperkenalkan produk unggulan.

"Partisipasi Koperasi Produsen Emas Hijau Papua yang didukung oleh Bank Indonesia dalam acara World of Coffee (WOF) ini menjadi momen penting untuk menunjukkan kualitas dan keunikan Kopi Papua," tambahnya.

Pihaknya menjelaskan harapannya melalui pameran tersebut adalah agar kopi Papua tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara. Selain itu, mereka berharap dapat menciptakan berbagai kesepakatan transaksi dagang (letter of intent) yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua.

Pihaknya juga menambahkan bahwa mereka akan memulai dengan memperkuat kelembagaan melalui dukungan terhadap pembentukan koperasi produsen kopi. Selanjutnya, mereka akan meningkatkan kompetensi produksi di sisi hulu dengan menerapkan best practice SOP perkebunan kopi. Setelah itu, mereka akan mengoptimalkan pasca panen dengan meningkatkan kompetensi serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan para pegiat kopi.

Selain itu, pihaknya juga akan memfasilitasi promosi perdagangan dan business matching kopi Papua dengan potential buyers di dalam dan luar negeri. Tujuannya adalah untuk membuka akses pasar yang lebih luas bagi kopi Papua.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar