Gambar: wuling.id

Kesalahan Yang Terjadi Saat Mengisi Daya Mobil Listrik

Kamis, 20 Jun 2024

Penting bagi pemilik mobil listrik untuk memperhatikan pengelolaan baterai. Baterai merupakan komponen utama dalam mobil listrik, oleh karena itu pemilik harus memahami cara pengisian yang tepat. Menurut Public Relations Manager Gotion Indonesia, Bastoni Hutabarat, ada dua faktor yang dapat mempercepat penurunan umur baterai mobil listrik, yaitu pengisian terlalu lama dan pengisian saat baterai dalam kondisi kosong.

Bastoni mengatakan kepada Kompas.com pada Rabu (19/6/2024) bahwa kita sebaiknya menghindari terus mengecas baterai ketika sudah penuh. Meskipun teknologi baterai saat ini sudah cukup baik dan canggih, pengelolaan baterai tetap menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna mobil listrik.

Mengecas baterai dalam kondisi kosong juga dapat membuat baterai cepat lemah, demikian juga dengan kata Bastoni.

Hindarilah mengecas mobil saat baterai benar-benar habis. Sebaiknya lakukan pengisian sebelum baterai benar-benar habis. Penggunaan baterai sampai habis sebelum diisi ulang sebenarnya tidak baik untuk manajemen siklus baterai," katanya. "Disarankan untuk mengisi ulang sebelum baterai mencapai 20 persen, meskipun setiap produsen memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, namun hal tersebut penting untuk menjaga performa baterai," ujarnya.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar