Foto: Instagram @superfadli

Fadlan Muhammad Menjelaskan Tentang Penyakit Autoimun Dan Batu Empedu

Rabu, 19 Jun 2024

Presenter Fadlan Muhammad baru-baru ini membuat orang khawatir karena harus dirawat di rumah sakit dengan tubuh yang semakin kurus. Kembaran Fadli Akhmad tersebut akhirnya mengungkapkan penyakit yang sedang dideritanya.

"Iya, setelah sakitnya bermacam-macam, sebenarnya penyakitnya autoimun. Kemudian muncul penyakit lain yang tidak saya ketahui, yaitu batu empedu," ungkap Fadlan Muhammad di studio Transmedia, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, kemarin.

Penyakit batu empedu terungkap setelah suami Lyra Virna tersebut menjalani USG. Setelah diketahui adanya batu empedu yang menyumbat, dokter meminta Fadlan Muhammad untuk menjalani MRCP.

Berdasarkan situs web National Institute of Health, MRCP atau Magnetic resonance cholangio-pancreatography (MRCP) adalah alat yang dapat diandalkan untuk mempelajari pohon empedu, dengan tingkat akurasi diagnostik hampir mencapai 100 persen dalam mendeteksi batu CBD.

Fadlan Muhammad harus segera dibawa ke rumah sakit karena tubuhnya sudah mulai menguning akibat keracunan. Keracunan tersebut disebabkan oleh penyumbatan batu empedu.

Dari situs web National Institute of Health, MRCP atau Magnetic resonance cholangio-pancreatography (MRCP) adalah alat yang dapat diandalkan untuk mempelajari pohon empedu, dengan tingkat akurasi diagnostik hampir mencapai 100 persen dalam mendeteksi batu CBD.

Fadlan Muhammad harus segera dibawa ke rumah sakit karena tubuhnya sudah mulai menguning akibat keracunan. Keracunan tersebut disebabkan oleh penyumbatan batu empedu.

Dia mengeluh dengan sangat sakitnya, tidak bisa bergerak, menggigil dengan hebat, dan merasakan batu yang menyumbat di dalam tubuhnya. Ada tiga batu besar yang menyebabkan dia menggigil. Dokter mengatakan bahwa kondisinya tidak bisa ditoleransi dan harus segera dioperasi karena tubuhnya sudah mengalami keracunan yang parah.

Fadlan Muhammad menghabiskan waktu yang cukup lama di rumah sakit selama 11 hari. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk pulang karena ada pekerjaan yang harus dilakukan. Meskipun sudah pulang, Fadlan masih harus menjalani perawatan dengan selang yang masih terpasang di perutnya.

Pada tanggal 6 Juni 2024, Fadlan Muhammad membagikan foto saat dirawat di rumah sakit. Saat itu, dia merayakan ulang tahunnya di tengah perawatan di rumah sakit.

Meskipun mengalami hal tersebut, Fadlan tetap bersyukur karena bisa berkumpul bersama keluarganya meski masih dalam perawatan di rumah sakit.

Fadlan Muhammad menuliskan, "Happy Bless Day For Me. Alhamdulillah MasyaaAllah Tabarakallah..., bisa berkumpul bersama walaupun harus berada di rumah sakit... JAZAKUMULLAHU KHAIR untuk semua dan perhatiannya.... #lovefamily #lovelyfamily," sambil memperlihatkan foto dirinya yang masih menggunakan selang di hidung.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar