Gambar: bri.co.id

BRI Berharap Pembiayaan Perumahan Dapat Tumbuh Dengan Angka Dua Digit Ganda

Rabu, 19 Jun 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berharap pertumbuhan pembiayaan perumahan dapat mencapai angka double digit secara tahunan pada tahun ini.

Kinerja pembiayaan perumahan di BRI per April, mencatat pertumbuhan sebesar 15 persen yoy. BRI optimis bahwa prospek pembiayaan perumahan masih cerah, terutama melalui program KPR Green Financing yang ditawarkan oleh bank.

"Dengan demikian, kami optimis bahwa pertumbuhan akan tetap positif di masa yang akan datang," ujar Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Sebagai informasi, program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Green Financing diluncurkan oleh BRI pada tahun 2021. Bank ini menyatakan bahwa program tersebut juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) dan komitmen terhadap pelestarian lingkungan, terutama terkait dengan penggunaan energi terbarukan.

"Peran perbankan dalam mendorong pengembangan berkelanjutan sangat penting, terutama dalam hal pembiayaan proyek-proyek pembangunan yang mengusung konsep ramah lingkungan," kata Handayani.

Menurut Handayani, rumah yang ramah lingkungan adalah pilihan yang baik untuk tempat tinggal. KPR hijau mencakup berbagai aspek seperti infrastruktur, material, pengelolaan sampah, dan kesehatan.

Penawaran KPR hijau dari BRI memiliki promo menarik, seperti bunga rendah, DP 0 persen, dan tenor yang diperpanjang.

Diharapkan bahwa hal ini akan mendorong minat developer untuk bekerja sama dengan BRI dalam pembangunan bangunan ramah lingkungan, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif pada lingkungan.

Handayani percaya bahwa pembiayaan hijau atau green financing akan semakin penting di masa depan, sejalan dengan tuntutan keberlanjutan lingkungan di berbagai sektor, termasuk keuangan. Meskipun menjadi kebutuhan, green financing dan green investment belum menjadi tren yang luas saat ini.

Perseroan telah mengumumkan bahwa selama ini BRI telah memberikan pendidikan tentang pentingnya rumah yang sehat dan ramah lingkungan agar kualitas kehidupan penghuninya semakin baik.

Selain itu, BRI juga telah beberapa kali mengadakan program untuk mempromosikan pentingnya bangunan hijau seperti talkshow Milenial Cuan, Mini Property Expo Goes to Developer, dan website resmi untuk mendapatkan KPR Green Financing melalui Homespot.id.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar