Gambar: DOK.T Pertamina Drilling Services Indonesia

Setelah Sampai Di Laut Jawa, Jackup RIG "Emerald Driller" Dari Pertamina Drilling Sudah Siap Untuk Beroperasi

Rabu, 19 Jun 2024

Jackup rig ‘Emerald Driller’ milik PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), anak perusahaan dari Subholding Upstream Pertamina, telah tiba di Laut Jawa dan siap untuk memulai operasinya.

Rig ini akan digunakan dalam proyek pengeboran lepas pantai antara Pertamina Drilling dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sebelumnya, jackup rig ‘Emerald Driller’ telah melewati proses inspeksi dan mobilisasi dari Qatar ke Laut Jawa menggunakan metode Dry Tow, yaitu dengan mengangkut jackup rig di atas Heavy Lift Vessel yang menempuh jarak lebih dari 4.000 NM.

Selama proses mobilisasi rig, kru senior kapal 'Emerald Driller' telah menyelesaikan beberapa pelatihan wajib terkait aspek Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L), seperti Pengenalan K3L, SIKA, dan PETROL.

Pada bulan Maret-April 2024, Pertamina Drilling, PHE OSES, dan PHE ONWJ telah melaksanakan inspeksi kondisi penuh terhadap jackup rig 'Emerald Driller' di Qatar. Selanjutnya, pada bulan Mei 2024, dilakukan pelatihan kepada seluruh kru 'Emerald Driller'.

Platform jackup adalah sebuah struktur yang dapat mengapung dan memiliki tiga kaki yang dapat diangkat dan diturunkan.

Rig jackup dapat digunakan untuk melakukan pengeboran sumur eksplorasi dan pengembangan.

'Emerald Driller' adalah rig jackup dengan tipe BMC 375, dilengkapi dengan spud can tip, yang cocok untuk digunakan di perairan Laut Jawa.

Dalam proyek ini, Pertamina Drilling telah bekerja sama dengan ADES Group, sebuah perusahaan jasa pengeboran asal Arab Saudi yang memiliki pengalaman dalam mengoperasikan rig offshore dan onshore di wilayah Timur Tengah dan Asia. Kerjasama ini bertujuan untuk menyediakan jackup rig 'Emerald Driller' dengan kekuatan 3.000 horsepower (hp) yang mampu melakukan pengeboran hingga kedalaman 30.000 kaki.

Avep Disasmita, selaku Direktur Utama Pertamina Drilling, merasa senang dengan kedatangan jackup rig ini ke Indonesia.


  • " target="_blank">

Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar