Gambar: ANTARA/HO-PP ASKI

ASKI Mengirimkan Karateka Untuk Berkompetisi Di Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi 2024

Rabu, 16 Okt 2024

Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (ASKI) mengirimkan 12 karateka, yang terdiri dari tujuh atlet dan lima ofisial, untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi 2024 atau Piala Gichin Funakoshi ke-16 yang akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, mulai tanggal 18 Oktober.

Dalam kejuaraan ini, kontingen ASKI juga akan mengikuti dua agenda, yaitu Seminar Internasional Khusus yang ditujukan untuk pelatihan instruktur, dan turnamen Kejuaraan Dunia yang merupakan Piala Gichin Funakoshi ke-16, sebelumnya dikenal sebagai Shoto World Cup.

"Saat Kejuaraan Nasional ASKI pada bulan Mei, kami berkomitmen untuk mengirimkan empat pemenang Best of the Best ke Piala Gichin Funakoshi ke-16 di Tokyo, Jepang," ungkap Ketua Umum Pengurus Pusat Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (PP ASKI) Syaifullah Nasution dalam pernyataan resmi yang diterima pada hari Rabu.

"Ini merupakan bentuk komitmen dan usaha dari ASKI untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada serta menjalankan program kerja yang berkualitas meskipun kami masih terhitung sebagai pendatang baru," tambah Syaifullah Nasution.

Syaifullah Nasution juga menyatakan bahwa ASKI adalah satu-satunya perguruan karate di Indonesia yang secara resmi berafiliasi langsung dengan Japan Karate Association (JKA) dan telah melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk mendatangkan Senior Manager Director Japan Karate Association Head Quarters (JKA-HQ) World Federation Seizo Izumiya-DAN VIII JKA dalam Seminar Nasional Karate di Jakarta.

PP ASKI baru-baru ini juga menghadirkan instruktur dari Japan Karate Association HQ, Tatsuya Naka-DAN VII JKA, untuk memimpin rangkaian kegiatan Master Camp 2024, yang merupakan seminar Karate dan ujian DAN JKA yang diadakan di Bogor dan Jakarta.

Syaifullah Nasution berharap bahwa dengan materi dan pelatihan yang telah diberikan, kontingen Tim Nasional PP ASKI dapat memanfaatkan kesempatan untuk bersaing secara optimal dalam kompetisi dunia tersebut.

Kontingen Merah Putih dijadwalkan untuk mengikuti International Joint Training Camp (Autumn) yang akan berlangsung pada 18-20 Oktober di HQ Dojo. Selanjutnya, pada 25-27 Oktober, tujuh atlet akan berpartisipasi dalam Funakoshi Gichin Cup 16th Karate World Championship Tournament 2024 yang diadakan di Takasari Arena.

Ketua Dewan Guru PP ASKI, Shihan Ucok Marisi Sihotang, menyatakan bahwa dalam kejuaraan kali ini, PP ASKI menargetkan untuk meraih dua medali emas.

"Dengan melihat peluang yang ada, kami percaya diri dapat memperoleh dua medali emas dari kategori kumite. Kami berharap momentum ini dapat menambah pengalaman dan motivasi untuk pengembangan ASKI di masa mendatang," kata Ucok Marisi.

Ucok Marisi telah berpartisipasi dalam kejuaraan dunia ini sebanyak lima kali berturut-turut, dengan yang terakhir di 5th Shoto World Cup di Philadelphia, Amerika Serikat, pada tahun 1994.

Berikut adalah data lengkap kontingen PP ASKI yang akan berangkat ke 16th Gichin Funakoshi World Cup 2024 di Tokyo:

1. Dr. Marisi Zainuddin Sihotang S.H, M.M (Penanggung Jawab Tim)

2. Agus Suwardi, S.E (Manajer)

3. Dian Utami Dradjat (Wakil Manajer)

4. Irwansyah Ginting (Pelatih Kepala)

5. Aryani Cipta Dewi, S.E (Pelatih)

6. Nanang Kadriansyah (Atlet)

7. Fiftaria Amelza (Atlet)

8. Muhammad Albarra Aria Suwardi (Atlet)

9. Nathaniel Abimanyu (Atlet)

10. Nindya Kirana Paramitha (Atlet)

11. Muhammad Athhar Aria Suwardi (Atlet)

12. Muhammad Ghathaf Aria Suwardi (Atlet).


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar