Gambar: Hyundai/Yonhap

Hyundai, Perusahaan Otomotif Pertama Yang Mengembangkan Sistem Otomatis Untuk Proses Pencetakan Kendaraan

Rabu, 16 Okt 2024

Hyundai Motor Group telah berhasil menciptakan sistem otomatis pertama di dunia untuk merancang cetakan tekan kendaraan, yang memungkinkan pengurangan signifikan dalam waktu yang diperlukan untuk menghasilkan desain serta meningkatkan kualitas produksi mobil.

Cetakan tekan berfungsi sebagai alat untuk memproduksi komponen eksterior kendaraan, seperti kap mesin dan batang, di mana setiap komponen memerlukan antara tiga hingga lima proses pengepresan, dengan cetakan yang berbeda digunakan pada setiap tahap.

Hyundai menginformasikan bahwa mereka telah menstandarisasi dokumen teknis dan kondisi desain untuk cetakan, serta mengintegrasikan proses desain yang sebelumnya terpisah ke dalam satu sistem terpadu.

Sistem ini memberikan kemudahan bagi desainer untuk secara bertahap memasukkan nilai yang diperlukan ke dalam sistem, yang selanjutnya secara otomatis menghasilkan cetak biru desain yang optimal untuk cetakan tekan.

Hyundai mengungkapkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk merancang cetakan dapat dipangkas lebih dari 75 persen berkat penemuan teknologi otomatis untuk cetakan tekan kendaraan ini.

Teknologi ini juga berpotensi mengurangi kesalahan dalam desain, sehingga meningkatkan kualitas pada setiap proses produksi kendaraan.

Hyundai Motor dan Kia telah mulai menerapkan sebagian dari sistem ini sejak tahun 2020, dan baru-baru ini mereka telah menyelesaikan pengembangan sistem yang dapat diterapkan untuk desain cetakan di seluruh operasi pengepresan.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar