Gambar: Dok/Kawan Lama Group

Kota Wisata Cibubur Bekerja Sama Dengan Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Menyelenggarakan Pelatihan Barista

Senin, 14 Okt 2024

Living World Kota Wisata Cibubur, yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata, sebuah perusahaan hasil kerjasama antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkomitmen untuk mendukung inisiatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam pengembangan sumber daya dan industri lokal. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi barista di Kabupaten Bogor. Acara ini berlangsung pada 9 dan 10 Oktober 2024, dan juga menjadi pembuka berbagai kegiatan serta program belanja menarik bertema ‘Autumn Glow’ di Living World Kota Wisata Cibubur sepanjang bulan Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Toar Ramses Emil Mangaribi, Ketua Tim 1 Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif, menyatakan, “Tren konsumsi kopi saat ini menunjukkan pertumbuhan yang positif, sejalan dengan perkembangan industri kopi lokal di Indonesia. Oleh karena itu, potensi barista perlu ditingkatkan, salah satunya melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diinisiasi oleh Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif. Setelah pelatihan ini, akan ada sertifikasi bagi 50 peserta yang hadir, dengan harapan dapat menciptakan peluang kerja dan usaha bagi SDM ekonomi kreatif yang berkompeten.”

Pada kesempatan yang sama, Yudi Santosa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, menyampaikan, “Di Kabupaten Bogor, dari Bogor Timur hingga Utara, terdapat ribuan barista yang memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah dan menyajikan kopi. Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi barista yang diselenggarakan hari ini oleh Kemenparekraf/Baparekraf diharapkan dapat menjadi jembatan bagi para barista untuk menghasilkan sikap kerja yang sesuai dengan standar internasional, sehingga mereka semakin mampu bersaing.”

Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) untuk barista yang diadakan oleh Kemenparekraf/Baparekraf di Living World Kota Wisata Cibubur bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam meracik kopi serta menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif di tingkat global. Sebanyak 50 peserta yang berasal dari pelaku ekonomi kreatif di subsektor kuliner mengikuti pelatihan ini dengan menggunakan modul SKKNI Barista, yang terdiri dari 20 persen teori dan 80 persen praktik, yang disampaikan oleh narasumber/instruktur dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, di mana peserta memperoleh pengetahuan mengenai berbagai jenis, karakteristik, dan variasi rasa kopi; teknik budidaya kopi mulai dari penanaman, pasca panen, hingga pengolahan biji kopi; serta metode menyeduh dan menyajikan kopi. Peserta yang dinyatakan kompeten akan menerima sertifikasi kompetensi dari Direktorat Standardisasi Kompetensi.

Budi Santoso, General Manager Operasional Living World Kota Wisata Cibubur, menyatakan, “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi para barista di Kabupaten Bogor. Kerja sama ini merupakan wujud sinergi kami dengan pemerintah untuk mendukung peningkatan kompetensi dan peluang usaha bagi industri lokal, serta diharapkan dapat memotivasi barista untuk terus berinovasi dan berkarya.”

Sejak dibuka pada awal tahun 2024, Living World Kota Wisata Cibubur, yang dikenal sebagai ‘The Biggest Home Living and Eat-tertainment in East of Jakarta and Bogor Area’, dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar pusat perbelanjaan. Tempat ini juga berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan berbagai industri lokal, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi nasional. Saat ini, Living World Kota Wisata Cibubur telah menampung puluhan tenant lokal yang beroperasi di bidang kuliner dan fesyen.

Di sektor kuliner, beberapa merek lokal yang hadir antara lain Bebek Tepi Sawah, Fore Coffee, Kopi Kenangan, Tong Tji Tea House, The People’s Cafe, Solaria, Warung Leko, Platinum Resto, Mad Coco, Sour Sally, Soto Betawi H Mamat, Bakso Afung, dan Manggang, serta berbagai merek lainnya yang dapat ditemukan di area food court di lantai 3. Pengunjung juga dapat menikmati beragam menu makanan dan minuman favorit dari berbagai merek yang berada di bawah naungan F&B ID, perusahaan yang mengelola semua bisnis makanan dan minuman milik Kawan Lama Group, seperti Chatime with Korean Snacks by Cupbop, Chatime Atealier, Gindaco, dan Go! Go! Curry Genki No Minamoto.

Sementara itu, di sektor fesyen, pengunjung dapat menemukan berbagai merek lokal seperti Buccheri, Minimal Manzone, Cardinal, DUST ID, kluk, dan EYE SOUL. Untuk semakin menonjolkan kebanggaan terhadap produk Indonesia, terdapat pameran Ragam Satu Negeri di lantai Lower Ground (LG) yang menampilkan berbagai kelengkapan fesyen, termasuk batik dan tenun terbaik, koleksi sepatu, serta hasil kerajinan tangan dari Pendopo, rumah UMKM lokal.

Menariknya, sepanjang bulan Oktober 2024, Living World Kota Wisata Cibubur juga menyelenggarakan acara tematik bertajuk ‘Autumn Glow’ yang menawarkan berbagai diskon menarik dari merek fesyen dan ritel, kesehatan dan kecantikan, optik, hingga perhiasan dan aksesori. Bertepatan dengan perayaan Halloween, Living World Kota Wisata Cibubur juga akan mengadakan Spooktober Kids Party pada 20 Oktober 2024, yang akan menyajikan berbagai aktivitas untuk anak-anak, seperti lomba peragaan

Beragam program belanja diselenggarakan untuk menghargai pengunjung, antara lain ‘Sparkling Treats’ yang memberikan voucher belanja senilai Rp50 ribu bagi pengunjung yang menukarkan struk belanja dengan nilai minimum Rp200 ribu. Selain itu, terdapat program ‘Weekdays Top Spender’ yang memberikan fasilitas parkir gratis selama 30 hari dan voucher belanja senilai Rp150 ribu kepada pengunjung dengan akumulasi transaksi tertinggi setiap minggunya. Program ‘Payday Rewards’ menawarkan kesempatan untuk memenangkan lucky dip berbagai voucher belanja dengan total nilai jutaan rupiah. Terdapat juga ‘Faboolous Surprises’ yang memberikan Halloween Special Gift hanya dengan menukarkan struk belanja minimum Rp100 ribu. Terakhir, program ‘Annual Top Spender & Most Frequent Shopper’ memberikan voucher belanja total senilai Rp24 juta kepada pengunjung yang melakukan transaksi dan kunjungan terbanyak ke Living World Kota Wisata Cibubur antara 15 Maret hingga 31 Desember 2024.

Tentang Living World  

Living World merupakan pusat perbelanjaan yang mengusung konsep “Home Living, Lifestyle & Eat-ertainment”, yang dikembangkan oleh Kawan Lama Group berdasarkan pengalaman dalam mengelola berbagai ritel modern dan pusat perbelanjaan. Sebagai pelopor dalam pusat perbelanjaan dengan konsep zona yang terintegrasi, Living World menggabungkan mix tenancy, arsitektur, serta suasana dan acara yang membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih menarik. Selain itu, Living World juga menerapkan prinsip keberlanjutan melalui pembangunan ramah lingkungan, pengembangan komunitas, dan upaya pelestarian lingkungan.

Living World pertama kali beroperasi di Alam Sutera, Tangerang pada tahun 2011 dan menjadi destinasi unik di pusat Alam Sutera dengan luas area 140.000 m2. Living World kedua dibuka di Pekanbaru, Riau pada tahun 2018 dengan luas area 90.000 m2, menawarkan berbagai kebutuhan gaya hidup dengan pilihan produk dari merek lokal dan internasional, serta menyelenggarakan acara-acara menarik.

Living World ketiga dibuka di Denpasar, Bali, dengan luas area 120.000 m2, menjadikannya pusat perbelanjaan terbesar dan ramah lingkungan di Bali yang mengintegrasikan arsitektur yang kaya akan budaya ikonik Bali. Living World keempat, yang terletak di Kota Wisata, Cibubur, memiliki luas area 200.000 m2 dan mengusung keindahan bentang alam tropis Indonesia. Ini adalah Living World pertama yang dikembangkan melalui kerja sama antara Kawan Lama Group dan Sinarmas Land. Living World terus melakukan ekspansi dan siap hadir di kota-kota besar lainnya sebagai destinasi belanja favorit bagi keluarga.



Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar