Gambar: Dok/Summarecon Serpong

Memperkenalkan Produk Unggulan UMKM Banten, Kemendag Mengadakan Pameran Mall To Mall 2024

, 29 Sep 2024

Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memperkenalkan dan memperkuat produk-produk lokal. Dalam rangka itu, Kemendag menyelenggarakan pameran Mall to Mall 2024 yang bertujuan untuk mempromosikan produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pameran ini merupakan hasil kolaborasi antara Kemendag, Kementerian Ekonomi Maritim dan Investasi, Pemerintah Provinsi Banten, serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja di Indonesia (APPBI).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Moga Simatupang, menyatakan bahwa dengan memperkenalkan produk unggulan dari UMKM, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan tertarik untuk melakukan pembelian.

"Kami berupaya untuk memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM kepada masyarakat, sehingga mereka tertarik untuk membeli. Dengan demikian, inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ungkap Moga.

Pernyataan tersebut disampaikan Moga saat membuka Pameran Mall to Mall Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia yang berlangsung di Provinsi Banten. Acara ini diadakan di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, pada hari Jumat, 27 September 2024. Pameran ini akan berlangsung selama empat hari, dari 26 hingga 29 September 2024, dan akan memfasilitasi 28 usaha kecil dan menengah (UKM) dari Provinsi Banten dengan berbagai produk unggulan seperti kerajinan, fesyen, dan pangan dalam kemasan.

Moga juga mengingatkan agar UMKM terus meningkatkan kapasitas mereka melalui inovasi, terutama dalam hal desain dan warna. Dengan cara ini, UMKM dapat terus mengembangkan pasar mereka.

"Potensi produk UMKM kita sangat baik. Oleh karena itu, kita perlu mendorong mereka untuk terus berinovasi agar semakin menarik. Desain dan pilihan warna harus terus diperbarui untuk membantu memperluas pasar UMKM," tegas Moga.

Moga kembali mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk buatan Indonesia. "Mari kita bangga, mari kita beli. Dengan menggunakan produk Indonesia, kita akan memperkuat perekonomian bangsa kita," ungkap Moga.

Di sisi lain, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag, Krisna Ariza, menyatakan bahwa pameran Mall To Mall merupakan inisiatif Kemendag untuk mendukung UMKM agar dapat berkembang. Pameran ini juga bertujuan untuk memperluas akses pemasaran UMKM melalui pusat perbelanjaan. "Kami ingin memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat tertarik untuk membeli. Dengan demikian, upaya ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," jelas Moga.

Pernyataan ini disampaikan Moga saat meresmikan acara Pameran Mall to Mall Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia yang berlangsung di Provinsi Banten. Kegiatan tersebut diadakan di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, pada hari Jumat, (27/9). Pameran ini akan berlangsung selama empat hari, dari 26 hingga 29 September 2024, dan memfasilitasi 28 usaha kecil dan menengah (UKM) dari Provinsi Banten dengan berbagai produk unggulan seperti kerajinan, fesyen, dan pangan dalam kemasan.

Moga juga mengimbau agar UMKM terus meningkatkan kapasitas mereka melalui inovasi, terutama dalam hal desain dan warna. Dengan demikian, UMKM dapat terus mengembangkan pasar mereka.

"Potensi produk UMKM kita sangat baik. Oleh karena itu, kita perlu mendorong mereka untuk terus berinovasi agar semakin menarik. Desain dan pilihan warna harus terus diperbarui untuk membantu memperluas pasar UMKM," tegas Moga.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag, Krisna Ariza, menyatakan bahwa pameran Mall To Mall merupakan inisiatif Kemendag untuk mendukung UMKM dalam meningkatkan kelas usaha mereka. Pameran ini juga bertujuan untuk memperluas akses pemasaran UMKM melalui pusat perbelanjaan.

"Kemendag mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2024 di Provinsi Banten. Ini adalah bagian dari upaya untuk membina UMKM di daerah tersebut. Kami berkomitmen untuk membantu UMKM Banten agar dapat naik kelas dan memperluas akses pemasaran mereka melalui pusat perbelanjaan," kata Krisna.

Krisna menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk-produk unggulan UMKM di Provinsi Banten dengan menjembatani pelaku UMKM dengan pasar potensial melalui pameran Mall to Mall, serta memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM agar lebih dikenal oleh masyarakat.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi UMKM di Provinsi Banten dalam meningkatkan nilai penjualan dan memperkenalkan produk-produk unggulan dari daerah ini. Dari kegiatan ini, kami juga berharap potensi UMKM di Provinsi Banten semakin dikenal dan diminati oleh wisatawan, terutama wisatawan lokal," jelas Krisna.

Dalam peresmian pameran, hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Babar Suharso; Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsonno Arban; Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Kota Tangerang, Mugiya Wardhany; Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Jajang Hermawan; Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja; Kepala Operasional dan Teknik Summarecon Mall Serpong, Agus Purnawan; serta perwakilan kementerian, lembaga, dan pelaku UMKM yang turut berpartisipasi dalam pameran.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar