Gambar: Audi

Audi Dan SAIC Berencana Mengembangkan Mobil Listrik Secara Kolaboratif

Kamis, 12 Sep 2024

Audi semakin memperkuat kerjasamanya dengan SAIC melalui perjanjian kolaborasi terbaru. Kedua perusahaan telah sepakat untuk mengembangkan model-model baru yang akan dibangun di atas platform khusus yang dikenal sebagai Advanced Digitized Platform, yang ditujukan untuk mobil listrik generasi mendatang dari kendaraan premium yang cerdas dan terhubung (ICV).

Kerja sama ini dimulai dengan pengembangan tiga model kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) yang mencakup segmen B dan C, dengan tujuan untuk mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik yang dinamis dan berkembang pesat di Tiongkok.

“Kerja sama yang semakin mendalam ini merupakan tonggak penting dalam strategi kami di Tiongkok dan memperkuat kemitraan lokal dengan SAIC. Kami memiliki tujuan yang jelas dan bersama: menggabungkan keunggulan dari kedua perusahaan demi keuntungan maksimal pelanggan kami di Tiongkok, dengan pengalaman premium Audi dan kecepatan inovasi SAIC,” ungkap CEO AUDI AG, Gernot Döllner, dalam pernyataan resminya.

Pabrikan yang berasal dari Jerman tersebut berkomitmen untuk mempercepat strategi elektrifikasi di tingkat lokal dengan meluncurkan produk BEV cerdas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Tiongkok. "Estetika dan rekayasa khas Audi, dipadukan dengan kecepatan inovasi SAIC, akan memberikan pengalaman digital premium yang intuitif dan cerdas, serta fitur berkendara otomatis kepada pelanggan di Tiongkok," tambah Döllner.

Produk yang dihasilkan dari kolaborasi ini akan memiliki karakteristik DNA Audi yang unik, dengan desain yang jelas, pengalaman berkendara yang premium, standar kualitas yang sangat tinggi, serta teknologi kendaraan listrik terbaru, yang dibangun di atas platform yang dikembangkan secara bersama, yaitu Advanced Digitized Platform.

"Grup Volkswagen mempercepat inisiatif elektrifikasinya dengan menerapkan pendekatan yang konsisten, yaitu in China for China. Dalam hal ini, kami sangat mengandalkan kerjasama yang solid dengan mitra usaha patungan kami. Perluasan kemitraan antara Audi dan SAIC merupakan langkah penting berikutnya dalam strategi kami," ungkap Ralf Brandstätter, Anggota Dewan Manajemen Grup untuk wilayah Tiongkok.

"Dengan definisi produk premium Audi yang kuat, kemampuan penelitian dan pengembangan serta rekayasa kendaraan yang komprehensif, serta teknologi listrik inovatif yang dimiliki SAIC Motor, kedua belah pihak akan 'memberdayakan secara teknologi' SAIC Audi untuk memulai langkah yang kuat dan memanfaatkan peluang baru dalam lingkungan kompetitif saat ini," jelas Wang Xiaoqiu, Presiden SAIC Motor.

Kerjasama ini akan memperluas portofolio kendaraan listrik baterai (BEV) Audi di Tiongkok dan mempercepat transformasi Audi di pasar terbesar di dunia. Tiga model BEV pertama akan mencakup segmen B dan C, membawa penawaran Audi di Tiongkok ke tingkat yang lebih tinggi. Model kolaborasi ini memungkinkan Audi untuk mengurangi waktu peluncuran produk lebih dari 30%, dengan model pertama yang direncanakan masuk pasar pada tahun 2025.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar