Gambar: ANTARA/HO-Pintu

Indonesia Diperkirakan Dapat Berperan Sebagai Aktor Utama Dalam Pasar Kripto Di Asia Tenggara

Jumat, 30 Agu 2024

Salah satu perusahaan aplikasi kripto mengungkapkan bahwa Indonesia berpotensi menjadi pemain utama dalam pasar kripto di Asia Tenggara, didorong oleh pertumbuhan jumlah investor yang mencapai 20 juta orang, serta lonjakan nilai transaksi dalam enam bulan terakhir.

"Saya meyakini bahwa Asia Tenggara adalah wilayah yang sangat signifikan bagi industri kripto secara global, terutama Indonesia yang dapat berperan sebagai pemain utama di kawasan ini, didukung oleh berbagai faktor positif, termasuk jumlah investor kripto yang telah mencapai 20 juta orang dan nilai transaksi yang dalam enam bulan terakhir mencapai 20 juta dolar AS," ujar Chief Marketing Officer (CMO) PT Pintu Kemana Saja (Pintu), Timothius Martin, dalam pernyataan di Jakarta, Jumat.

Martin menyampaikan pandangannya tersebut dalam acara Indonesia Coinfest Asia 2024 pada sesi Asian Exchanges Shaping the Global Crypto Scene.

Menurut pendapatnya, angka yang dihasilkan dari satu negara tersebut sangat signifikan. 

Oleh karena itu, ia menambahkan, pasar kripto di Asia Tenggara memiliki potensi yang besar berkat adanya regulasi yang mendukung, sehingga memungkinkan para pengguna untuk berinvestasi dengan aman.

Ia juga menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang responsif dalam mengatur perdagangan aset kripto melalui berbagai regulasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Berjangka Perdagangan Komoditi (Bappebti). Regulasi tersebut mencakup pengakuan aset kripto sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka, daftar aset kripto yang diperbolehkan untuk diperdagangkan, serta peluncuran lembaga Self-Regulatory Organizations (SRO) yang diresmikan oleh Bappebti untuk mengawasi perdagangan pelaku usaha kripto agar berlangsung dengan aman dan transparan.

“Dengan adanya kerangka regulasi yang jelas dari Bappebti dan dukungan infrastruktur dari berbagai mitra, termasuk bank-bank besar, industri kripto di dalam negeri dapat berkembang dengan baik. Saya percaya bahwa adopsi kripto yang saat ini baru mencapai tujuh persen dari total populasi akan terus meningkat karena potensi yang masih sangat besar. Untuk mendukung pertumbuhan tersebut, kami akan fokus pada edukasi pasar domestik melalui platform aplikasi kripto all-in-one yang dapat digunakan untuk belajar dan menjelajahi dunia kripto,” ungkap Timo.

Pintu merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi blockchain dan menawarkan fitur investasi kripto yang komprehensif di Indonesia. Tiga fitur utama yang disediakan meliputi aplikasi Pintu, yang dirancang khusus untuk investor pemula dan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti Pintu Earn, Limit Order, dan Auto Dollar-Cost Averaging (DCA).

Fitur kedua adalah Pintu Web3 Wallet, sebuah dompet kripto yang memudahkan akses ke berbagai aset kripto, pengumpulan non-fungible token (NFT), serta interaksi dengan berbagai Decentralized Applications (dApps), platform Decentralized Finance (DeFi), dan Decentralized Exchange (DEX). Fitur ketiga yang paling baru adalah Pintu Pro, yang menawarkan fitur canggih bagi para trader profesional.

Coinfest Asia 2024 dihadiri oleh peserta dari berbagai negara, termasuk negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Saya mengamati adanya antusiasme dan minat yang tinggi untuk mempelajari pasar kripto di Asia Tenggara, yang memiliki banyak keunikan dan potensi pengembangan use-cases kripto, seperti remittance kripto dan industri permainan," tambahnya.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar