Gambar: Dok/PT United Tractors Tbk

United Tractors Dan BPBD DKI Jakarta Menyelenggarakan Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana 2024

Jumat, 23 Agu 2024

PT United Tractors Tbk (UT) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di bidang penanggulangan bencana (UTACTION) berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta untuk menyelenggarakan Festival Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana (FESDIKGANA) 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi bencana yang berkaitan dengan hidrometeorologi.

Pelaksanaan festival ini berlangsung dari tanggal 13 Mei hingga 15 Agustus 2024, dengan diikuti oleh 242 peserta dalam webinar dan 297 peserta dalam lomba dari 12 sekolah. Puncak acara festival ini akan dilaksanakan secara langsung di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

“Kami berharap melalui kerjasama ini, UT dapat memperkenalkan berbagai program manajemen bencana yang dapat diterapkan oleh masyarakat saat menghadapi situasi bencana. Selain itu, partisipasi ini juga merupakan salah satu langkah UT dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat,” ungkap Sara K. Loebis, Kepala Divisi Tata Kelola Perusahaan dan Keberlanjutan.

Festival ini mengangkat tema "Tata Kelola Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi: Membangun Keberlanjutan dan Ketahanan Satuan Pendidikan di Era Risiko Tinggi". Terdapat berbagai rangkaian acara dalam festival ini, termasuk webinar, lomba video edukasi, lomba karya ilmiah, lomba cerdas cermat, lomba denah evakuasi, final cerdas cermat, dan diakhiri dengan pemberian penghargaan.

Dalam kesempatan ini, Universitas Terbuka (UT) memperkenalkan sebuah permainan papan edukatif mengenai kesiapsiagaan bencana yang ramah bagi penyandang disabilitas, berjudul "Kesiapsiagaan Bencana Inklusif". Permainan ini merupakan hasil kerja sama dengan Predikt Tangguh Indonesia dan dirancang untuk meningkatkan kesadaran serta pengetahuan mengenai kesiapsiagaan bencana melalui metode yang interaktif dan inklusif.

Di samping itu, UT juga menyerahkan buku berjudul "SOBAT Bercerita dan Berdampingan dengan Bencana" kepada Perpustakaan HB. Jassin, sebagai kontribusi untuk memperkaya sumber literatur mengenai bencana di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari upaya UT dalam menerapkan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), serta aspek keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI).

Acara ini dihadiri oleh Sara K. Loebis selaku Division Head Corporate Governance Sustainability UT; Dra. Prasinta Dewi, M.AP, Deputi Bidang Pencegahan BNPB; Drs. Pangarso Suryotomo, Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana; Dr. Drs. Isnawa Adji, M.AP, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta; serta Ady Andyana, Direktur Bisnis dan Operasional PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

Diharapkan melalui kolaborasi ini, UT dapat memperkuat komitmennya dalam memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi masyarakat. Selain itu, penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih aman dan tangguh dalam menghadapi bencana.



Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar