Gambar: Dok/PT Telkom

Telkom-Neutra DC Menyelenggarakan Konferensi Internasional Dengan Tema Sisi Lain Dari AI

Senin, 19 Agu 2024

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui anak perusahaannya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), yang berfokus pada penyediaan ekosistem pusat data, akan mengadakan konferensi internasional bertajuk NeutraDC Summit 2024. Acara ini merupakan penyelenggaraan kedua yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 26 Agustus 2024. Konferensi ini akan mempertemukan para pelaku industri teknologi dan inovasi digital untuk membahas tema “The Other Side of AI”.

Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir, menekankan pentingnya acara ini sebagai wujud komitmen TelkomGroup dalam mendorong transformasi digital yang berkelanjutan.

"NeutraDC Summit 2024 akan mengeksplorasi peran vital pusat data dalam mendukung perkembangan AI yang semakin pesat. AI tidak hanya mengubah cara kerja kita, tetapi juga menciptakan peluang baru di berbagai sektor. Infrastruktur digital menjadi fondasi utama untuk merealisasikan potensi tersebut," ungkap Honesti dalam konferensi pers NeutraDC Summit 2024.

Selanjutnya, CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F, menjelaskan bahwa NeutraDC Summit ini merupakan pertemuan tahunan kedua yang bertujuan untuk terus mendorong diskusi mengenai kemajuan teknologi global. "Tema tahun ini, 'The Other Side of AI', menyoroti tantangan dan peluang yang muncul dari penerapan AI di berbagai sektor.

Di satu sisi, AI mendorong otomatisasi dan memperkuat pengambilan keputusan, namun di sisi lain, AI juga menghadirkan isu-isu penting seperti etika, privasi, dan keberlanjutan. Kami ingin memberikan perspektif yang lebih komprehensif tentang AI, mendorong peserta untuk tidak hanya melihat teknologi ini sebagai inovasi canggih, tetapi juga sebagai entitas yang memerlukan regulasi dan tanggung jawab sosial," jelas Andreuw.

Andreuw menegaskan bahwa acara ini akan memberikan wawasan dan solusi inovatif untuk masa depan. “NeutraDC berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam penyediaan solusi pusat data yang dapat diskalakan, aman, dan berkelanjutan,” tambah Andreuw.

Sebagai bagian dari TelkomGroup, inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat posisi perusahaan sebagai penyedia layanan digital terkemuka, terutama dalam sektor Business to Business (B2B).

"Konferensi NeutraDC Summit 2024 juga merupakan langkah signifikan dalam memperkuat posisi perusahaan di industri infrastruktur digital dan kecerdasan buatan yang dapat diandalkan. Terlebih lagi, sebagai pemimpin di sektor digital telco dengan fokus pada inovasi yang berkelanjutan dalam bidang Business to Business (B2B),” ungkap SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

NeutraDC Summit 2024 akan menjadi platform untuk diskusi mendalam mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi industri dalam mendukung pertumbuhan kecerdasan buatan yang berkelanjutan. Acara ini akan menghadirkan sejumlah praktisi dari pakar industri pusat data dan teknologi, serta para regulator yang akan membahas berbagai aspek lain dari kecerdasan buatan dalam diskusi panel, termasuk penyedia layanan keuangan yang mengintegrasikan kecerdasan buatan, perusahaan media Over the Top (OTT), dan penyedia layanan cloud yang mengoptimalkan operasi pusat data dengan kecerdasan buatan.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar