Gambar: Dok/PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA)

TRIPATRA Mengundang Generasi Muda Untuk Menyelami Dunia Keinsinyuran Melalui Program Engineering For Teenagers

Jumat, 09 Agu 2024

Saat ini, permintaan akan insinyur di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, hanya sekitar 14% dari lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang berasal dari disiplin keinsinyuran, yang menghasilkan sekitar 100 ribu insinyur setiap tahunnya. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya, meskipun Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

Data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjukkan bahwa terdapat sekitar 2.671 insinyur per 1 juta penduduk di Indonesia. Angka ini masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan Vietnam yang memiliki 9 ribu insinyur per 1 juta penduduk dan Korea Selatan yang memiliki 25 ribu insinyur per 1 juta penduduk. Jumlah insinyur di Indonesia ini jelas masih sangat minim dan jauh dari standar yang diharapkan.

PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA), sebagai penyedia solusi rekayasa teknik terkemuka di Indonesia, bekerja sama dengan Indika Foundation untuk menyelenggarakan program "Engineering for Teenagers" pada tanggal 20 Juli. Program ini memberikan kesempatan kepada sekitar 70 siswa-siswi SMP/Sederajat di wilayah Jabodetabek untuk lebih mengenal dan menumbuhkan minat generasi muda terhadap bidang rekayasa dan energi terbarukan.

Ananto Wardono dari Green Energy Development TRIPATRA menyatakan, "Kekurangan insinyur merupakan tantangan serius bagi pembangunan negara di berbagai sektor, termasuk infrastruktur, energi, dan manufaktur. Untuk mengatasi permasalahan ini, penting bagi kita untuk berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan lebih banyak tenaga profesional yang berkualitas.

Dengan mempersiapkan generasi muda untuk berkarier di bidang keinsinyuran, kita tidak hanya memperkuat kemampuan bangsa dalam pengelolaan sumber daya alam, tetapi juga memastikan adanya kemajuan berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan."

Program "Engineering for Teenagers" menyajikan serangkaian kegiatan inovatif untuk menarik minat generasi muda terhadap profesi keinsinyuran dan energi terbarukan, seperti talkshow dan eksperimen. Dalam acara talkshow, dibahas pengalaman serta pengetahuan mengenai berbagai disiplin ilmu teknik, peluang karir di bidang rekayasa, dan peran penting insinyur dalam menciptakan solusi inovatif untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Di puncak acara, peserta diajak untuk mengikuti eksperimen sederhana di bidang energi terbarukan, yaitu "Irigasi Tetes Tenaga Surya". Eksperimen ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang industri energi terbarukan sekaligus merangsang kreativitas para peserta.

Kompetensi dalam bidang rekayasa memiliki peranan yang sangat krusial bagi kemajuan suatu negara. TRIPATRA berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkenalkan ilmu rekayasa sejak usia dini, kami berharap dapat menciptakan generasi insinyur muda yang kompeten di masa depan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di dalam negeri, terutama dalam mendukung percepatan hilirisasi dan transisi energi.

Sejak diluncurkan pada tahun 2019, program 'Engineering for Teenagers' telah berhasil menjangkau lebih dari 300 siswa dari lebih dari 200 sekolah menengah pertama, dan kami berharap jumlah ini akan terus meningkat setiap tahunnya," ungkap Ananto.

Tentang PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA)

Selama lebih dari lima dekade, Tripatra telah menyediakan solusi berkelanjutan yang didasarkan pada keahlian rekayasa teknik terintegrasi terbaik untuk sektor infrastruktur energi, minyak dan gas, petrokimia, logam, serta energi baru dan terbarukan, baik di Indonesia maupun di luar negeri, dengan komitmen yang kuat terhadap penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sebagai bagian dari Indika Energy Group, TRIPATRA secara konsisten menawarkan layanan Engineering, Procurement and Construction (EPC) serta solusi aset yang komprehensif, serta layanan solusi lainnya yang menyeluruh untuk setiap siklus proyek dan manajemen aset industri. TRIPATRA didukung oleh pemanfaatan teknologi terkini dan digitalisasi untuk mengoptimalkan aktivitas operasional.

Sejak tahun 2019, TRIPATRA telah melaksanakan inisiatif transformasi untuk menghadirkan solusi berkelanjutan yang terintegrasi berdasarkan keahlian rekayasa teknik terbaik, guna mentransformasi energi dan mendukung percepatan hilirisasi.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar